2 Tips mengamankan halaman login wordpress

Posted on

WordPress merupakan sebuah CMS blog terbaik menurut saya, didukung oleh puluhan ribu plugin membuat wordpress mudah dikelola/user friendly dan dekat dengan semua mesin pencari. Disamping kemudahan tersebut, ada ratusan hacker diluar sana yang dapat menjebol blog wordpress kita kapan saja terutama bagi blog-blog yagn sudah mempunyai reputasi besar. Oleh karena itu untuk mengamankan wordpress, ada baiknya anda mengetahui beberapa tips aman untuk melindungi wordpress terutama halaman login wordpress anda.

Berikut ini 2 tips mengamankan halaman login blog wordpress anda dari serangan para peretas dan hacker yang mencoba untuk membobol blog anda.

1. Gunakan username dan password yang baik

Password ataupun kata sandi merupakan bagian penting utama yang harus anda perhatikan dalam membuat sebuah akun, terutama akun blog wordpress anda. Gunakan kata sandi yang mudah anda ingat dan sulit ditebak oleh orang lain, gunakan juga kombinasi angka, karakter khusus dan kombinasi abjad kecil maupun kapital.

Selain penggunaan password, penggunaan username juga dapat anda buat seunik mungkin agar tidak bisa ditebak orang lain. Jangan membuat username “admin” jika anda bisa mengubahnya. Bagaimana cara mengubahnya? Sangat mudah, anda tinggal masuk ke halaman phpmyadmin pada bagian cpanel blog anda, lalu masuk ke database wordpress blog anda dan ubah username pada tabel user. Sehingga, tidak hanya password blog anda saja yang harus jadi pikiran sang hacker tetapi username anda juga. :)

2. Enkripsi login

Setiap kali anda ingin mencoba masuk ke halaman dashboard blog wordpress anda, terlebih dahulu anda harus masuk ke halaman login dan memasukkan username dan password anda. Selain pengamanan pada langkah sebelumnya dengan menggunakan username dan password yang baik, cara aman lain pada halaman ini adalah dengan mengengkripsi login.

Kunci mengamankan wordpress

Secara default, wordpress tidak mengengkripsi password login yang kita submit, sehingga jika anda berada pada pada jaringan publik seperti pada hotspot/wifi gratis maupun di warnet, hacker dapat dengan mudah bisa mengendus data login menggunakan sniper jaringan.

Menggunakan plugin Chap Secure login merupakan pilihan tepat untuk dapat meningkatkan keamanan blog anda, terutama bagi anda yang sering login di tempat yang saya sebut tadi. Plugin ini dapat menambahkan hash acak untuk password yang anda submit.

Download plugin Chap Secure Login.

Demikian 2 tips mengamankan halaman login wordpress anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk secara berkala membackup database dan file-file penting blog anda karena segala cara akan hacker lakukan untuk mencoba terus masuk ke kawasan pribadi blog anda.

Jangan Bagikan ke teman anda jika tutorial ini bermanfaat. :D

Gravatar Image
Panggil saya Jaka, saya suka desain. Saya orang yang mudah untuk diajak berinteraksi, temukan juga saya diwebsite pribadi Jakazulham.